Renovasi Rumah Maestro Mamaos Cianjuran Aki Dadan

Renovasi Rumah Maestro Mamaos Cianjuran Aki Dadan

Renovasi Rumah Maestro Mamaos Cianjuran Aki Dadan

0

Siang Tadi saya mendapatkan informasi, bahwa rumah Aki Dadan sang Maestro mamaos Cianjuran sudah mulai pembangunan, rumah Aki Dadan Sukandar ini berada di Kampung Sayang Semper Rt 04 Rw 08 Kelurahan Sayang Kecamatan Cianjur.

Pembangunan rumah di lakukan oleh Dinas Perumahan Kawasan Pemukiman dan Pertanahan Cianjur di bantu oleh masyarakat sekitar dilakukan secara gotong royong, pembangunan ini akan tetap mempertahankan bangunan asli rumah Sang Maestro Mamaos Cianjuran ini, namun kita akan perkuat bangunannya supaya layak huni.

Renovasi Rumah Maestro Mamaos Cianjur Aki Dadan

Selain dengan membangun rumah dari Aki Dadan, pemda Cianjur juga akan memberdayakan beliau dengan cara mengajarkan mamaos Cianjuran di Bale Pancaniti Pendopo Cianjur, agar beliau juga mendapatkan penghasilan tetap dari pemerintah daerah Cianjur.

Tujuannya adalah untuk melestasikan seni budaya mamaos Cianjuran yang akan di ajarkan kepada perangkat dan pejabat pemerintah dan warga masyarakat Cianjur pada umumnya.

Beliau akan mengajar setiap rabu malam di Bale Pancaniti yang saat ini sudah mulai di renovasi, agar 3 pilar budaya Cianjur yaitu, Ngaos, Mamaos dan Maenpo tetap lestasi dan berkembang di Cianjur dan suatu saat nanti akan berkembang luas ke luar Cianjur.

Saat ini sudah banyak generasi muda Cianjur yang tidak tahu dengan salah satu seni sunda khas Cianjur yang tersohor ini, karena mungkin sudah banyaknya seni musik lainnya yang sesuai dengan karakter kekinian kawula muda Cianjur.

Maka dengan memberdayakan Aki Dadan sebagai Maestro Mamaos Cianjuran yang masih ada saat ini, harus mampu di serap keilmuan, keahlian dan kemampuan Aki Dadan oleh generasi muda penerus budaya Cianjura ini.

Semoga Allah memberikan kesehatan kekuatan dan juga kemampuan kepada Aki Dadan untuk meneruskan keahliannya agar seni mamaos Cianjuran tidak hanya sekedar nama saja yang kita dengar, namun banyak kembali yang ingin mempelajarinya, memeliharanya dan menurunkannya kepada anak-anak dan generasi muda Cianjur.

Leave A Reply

Your email address will not be published.